Perjalanan Freelanceku

Awalnya tulisan ini dibuat untuk menghibur diri sendiri, tatkala sedang semangat turun menghadapi rimba freelance yang penuh tantangan dan persaingan ini. Anda seorang pemula di dunia freelance? Terus baru juga bergabung dengan komunitas freelance indonesia? Wajar saja kalao Anda minder melihat segudang kemampuan yang dimiliki oleh para freelancer disini, sebut saja mas Anggi Krisna dengan Icreativelabsnya, mas Yogi dengan andrastudio.com nya, mas Aria Rajasa dengan Rajasa.com dan masih banyak contoh lainnya.

Apalagi kalo anda emang memutuskan untuk menerjuni bidang web development, apakah itu bidang design maupun bidang web programming, sementara saja Anda baru terjun kedunia ini, ilmu baru dikit..eh gak ada pula semua kemampuan standar yang harus dimiliki oleh web developer?
seperti tulisan pada 12 langkah menjadi developer. Jika Anda merasakan hal seperti itu Anda sama persis dengan saya! Namun saya akhirnya mendapatkan cara agar tidak terus menerus merasa takut karena kemampuan yang minim itu.

Sebenarnya kuncinya hanya satu, jangan takut bersaing.
saya dua tahun yang lalu juga sangat pemula di dunia Web dan berbekal kemampuan ber-komputer (bisa klik kanan, kiri, ngetik di keyboard) saya beranikan diri untuk membuat beberapa web dengan menggunakan CMS (Content Management System) WordPress, saat itu saya mencobanya dengan menggunakan local server. Mantap rasanya tatkala melihat web telah ter-publish di komputer, berangkat dari sini kemudian mencoba mencari ilmu CMS lainnya dan pilihan saya jatuh ke Mambo CMS karena rekomendasi dari seorang teman yang terlebih dahulu menggunakan CMS ini, saya bahkan membeli bukunya..anehnya tidak dipraktekkan karena kesibukan di main job saya. Sampai akhirnya oleh teman yang sama dikenalkan dengan CMS lain yaitu Joomla!.

Menggunakan CMS ini saya coba menekuni dunia website, langkah awal saya mendaftar pada beberapa komunitas online nya seperti joomla.org dan id-joomla. Dimulailah perburuan ilmu seorang newbie, sampe akhirnya bisa membuat sebuah portal jualan web bernama Kedaiwebs awalnya Bintanwebs, dalam jangka waktu hampir 4 bulan. Walaupun perjalanan web tempat saya berjualan jasa ini tidaklah mulus diawalnya, tapi akhirnya menghasilkan.

Namun kenapa seorang newbie seperti saya bisa mendapat job by job hingga saat ini?

karena ada contoh kasus, seorang teman berprofesi sama dengan kemampuan handal dan pengalaman yang lebih lama dalam dunia web progaramming bahkan saat ini belum bisa memperoleh pencapaian seperti ini.

Jawabannya secara general adalah berkat internet dan teknologi dunia menjadi rata, seorang newbie pun bisa mengalahkan penghasilan seorang dedengkot didunia maya, walaupun dalam hal ilmu mungkin masih jauh, tapi tatkala kita bicara penghasilan, yakinlah Anda mampu. Walau awalnya Anda tidak mahir di bidang

1. Web Programming (No Coding Science and experience)
2. Web Design, CSS, HTML
3. Bahasa Inggris

Anda tidak perlu berkecil hati, karena toh saya juga belum memiliki sepenuhnya kemampuan itu, lantas kenapa bisa mendapatkan job? Buat seorang freelance yang minim skill seperti kita, ada beberapa hal yang harus kita lakukan agar bisa terus bersaing didalam dunia maya tentunya.

Anda tidak perlu berkecil hati, karena toh saya juga belum memiliki sepenuhnya kemampuan itu, lantas kenapa bisa mendapatkan job? Buat seorang freelance yang minim skill seperti kita, ada beberapa hal yang harus kita lakukan agar bisa terus bersaing didalam dunia maya tentunya. diantaranya:

Cari, baca dan bertanya di komunitas

Cari, cari, dan cari, baca, baca, dan baca dan bertanyalah, caranya bergabunglah dengan komunitas-komunitas di dunia maya, seperti RuangFreelance, Komunitas WordPress, Drupal, Komunitas Joomla Indonesia, Diskusi WebHosting, Forum Diskusi Web, dan lain-lain.

Praktekkan

Praktek dan praktek..minimal anda bisa membuat sebuah website standar seperti Company Profile (sebaiknya gunakan CMS seperti Joomla, Drupal ataupun WordPress, walaupun mudah dalam instalasi dan manajemen website, tapi terbukti sangat kuat Core-nya.

Target Pasar

Setelah mampu membuat sebuah website, pasang target pasar alias target klien apakah dalam negeri ataupun luar negeri. Untuk anda yang benar-benar pemula dan bahasa inggrisnya anjlok seperti saya, dalam negeri sangat direkomendasikan. Lantas anda kemudian masih bingung dan serem melihat saingan developer-developer dalam negeri? Persempitlah area pemasaran Anda, misalkan seprovinsi Anda, terus diperkecil jadi Kabupaten/Kota, Kelurahan maupun Desa. Pesan saya jangan pernah minder, karenanya sesuai point 1 diatas kumpulkan ilmu sebanyak-banyaknya dari internet.

Promosi

Ini yang terakhir, promosi dan promosi Siapa Anda dan berbicaralah layaknya seorang marketing handal tentang pentingnya eksistensi sebuah Perusahaan/Instansi/Sekolah/Kampus dan lain-lain didunia maya kepada calon klien, kalo perlu tanyakan teman dan saudara Anda adakah yg mau membuat website? Kalo untuk yg ini cukup membayar Domain+Hosting+Koneksi Internet kalo bisa…lantas apakah kita rugi dengan biaya kecil ini?tentu saja tidak. Pekerjaan yang kita ini dapat menambah portfolio kita yang dapat ditampilkan di website tempat kita menjual jasa kita sehingga menambah keyakinan calon klien kita annti. Rajin-rajinlah berpromosi, baik melalui media massa dengan iklan baris, atau melalui website iklan baris gratis

Nah tentu timbul pertanyaan, pada point 4 diatas?

saya kan seorang newbie
gimana dong?

mana bisa saya ngerjain web sesuai permintaan klien, walaupun itu hanya sebatas Company Profile, nah sesuai urutannya pada point 1 anda dianjurkan bergabung dengan komunitas-komunitas online, disana Anda harus berusaha menjaga jati diri dan integritas anda, carilah jaringan sebanyak mungkin, sehingga tugas-tugas dari calon klien ini dapat anda minta bantuan partner Anda untuk membantunya.

Lakukan pendekatan emosional dengan anggota forum, maka anda akan selalu dibantu oleh mereka, sampaikan sejujurnya kondisi proyek dan berapa budget yang Anda miliki untuk menyewa jasa mereka. Saya yakin jika Anda rutin dan berintegrasi dalam forum akan banyak teman yang membantu Anda, bahkan siapa tau ada yang menawarkan jasa gratis, ingat sebagian orang memandang persahabatan lebih penting dibandingkan uang.

Dari penjelasan diatas, Anda sudah dapat menarik kesimpulan bahwa tidak selamanya memiliki banyak proyek diinternet atau sukses berbisnis di internet terutama dibidang website development harus memiliki skill-skill yang luar biasa, walaupun demikian tulisan ini tidak bermaksud membuat Anda malas untuk belajar dan berusaha, karena begitu terjun ke dunia bisnis dan teknologi, belajar dan terus belajar adalah sebuah kepastian! Jika tidak tentu saja anda akan tergilas oleh pesatnya ilmu dan teknologi itu sendiri dan tentu saja jika sudah berhasil jangan pernah memasang harga tinggi kepada kawan forum Anda (kalo yang ini pernah saya alami sendiri :D ).

Jadi pasanglah jaring sebanyak-banyaknya, bangun integritas anda di dunia maya dan di daerah anda, yakinlah kesuksesan anda hanya tinggal menunggu waktu untuk meledak. Viva Freelance Indonesia..

Tulisan ini pernah dipublikasikan pada website Freelance Indonesia : http://www.ruangfreelance.com/2009/10/22/perjalanan-freelanceku-bagian-1/

Leave a Comment

error: Content is protected !!
X