Membuat Landingpage Gratis dengan WordPress dan Elementor

Lagi-lagi WordPress memperlihatkan kehandalannya. Landingpage Gratis dan Cantik dapat dibuat dengan Mudah dan Tidak ada Biaya alias Gratis.

Kepopuleran WordPress sebagai CMS (Content Management System) tidak bisa dipandang sebelah mata. Pantas saja CMS ini dapat kita sebut sebagai CMS sejuta umat. Di beberapa Blog bahkan menuliskan bagaimana WordPress dapat di gunakan untuk membuat sebuah sistem informasi yang komplek dan komplit atau lengkap.

Lihat saja bagaimana hanya dengan WordPress dan sebuah Plugin. Anda dapat membuat sebuah Landingpage Gratis tanpa biaya dan tanpa harus kuliah di kampus komputer terlebih dahulu.

Tulisan dibawah ini akan menerangkan langkah demi langkah bagaimana Cara Membuat Landingpage Gratis dengan WordPress dan Plugin Elementor.

Dahulu membuat sebuah website atau landing page merupakan sebuah hal sulit, namun belakangan ini muncul berbagai teknologi gratis maupun berbayar untuk membuatnya.

Jika dahulu untuk membuat sebuah website anda harus belajar HTML, CSS, PHP dan sebagainya, sekarang tidak perlu lagi. Mengingat sangat banyak tool yang dapat membantu anda membuatnya.

Meski begitu untuk menjadi seorang ahli atau expert, anda tetap harus belajar CSS, HTML, PHP, Framework atau berbagai teknologi terkait website development dan internet.

Tulisan ini cocok untuk anda selaku pebisnis yang ingin mengetahui cara membuat landingpage dengan wordpress dan elementor. Karena tentu saja anda dapat menghemat pengeluaran menyewa jasa pembuat website atau programmer, tanpa harus tahu soal skill coding atau programming.

Sebelumnya mari kita berkenalan dulu dengan Landingpage.

Apa itu Landingpage?

apa-itu-landing-page

Landingpage dalam dunia digital marketing atau pemasaran digital adalah Laman web yang berdiri sendiri, yang dibuat khusus untuk keperluan kampanye pemasaran atau iklan.

Landingpage ini adalah tempat pengunjung atau visitor anda “mendarat” ketika mereka mengklik iklan Google AdWords atau Facebook Ads.

Hari ini sejak teknologi semakin berkembang banyak sekali penyedia layanan Gratis maupun berbayar untuk membuat Landingpage, sebut saja diantara nya Leadpage, Wix.com, Unbounce, dan banyak lagi. Ini adalah beberapa layanan pembuat Landingpage di luar negeri.

Didalam negeri saya menyarankan anda membeli Landingpress sebuah theme untuk membuat berbagai jenis website berbasis wordpress yang sangat handal dan murah.

Namun di tahun 2020 ini saya juga merekomendasikan anda beberapa theme lokal buatan anak bangsa seperti Theme Tokopress

Ada juga theme Indonesia lain yaitu Theme CepatLakoo yang dapat anda gunakan untuk membuat Theme berupa Landing Page siap pakai.

Baca juga : Theme Landingpress – Theme Lokal Kaya Fitur, Buatan Anak Bangsa

Biasanya pada Landingpage ada sebuah tombol call-to-action (CTA) yang digunakan untuk menghubungkan dengan tujuan anda berikutnya, apakah halaman registrasi calon pembeli, nomor Whatsapp anda, atau tombol beli atau pesan produk via whatsapp.

Mengapa harus Landingpage?

Landingpage ini sangat berguna karena sangat ekonomis, tepat pada sasaran dan tujuan. Tidak seperti website yang berisikan banyak halaman, biasanya Landingpage hanya berisikan 1 (satu) halaman saja. Istilah bahasa inggris nya adalah One Page Website.

Menggunakan Landingpage, anda dapat dengan mudah memberikan penjelasan kepada pengunjung tentang apa produk atau jasa yang anda jual. Anda juga dapat memberikan petunjuknya berupa Tombol CTA (Call To Action) kepada pembeli.

Jika anda masih bingung apa itu tombol Call To Action (CTA) ini, perhatikan aja toko-toko online yang berisikan penjelasan produk lalu ada link atau tombol Beli nya, ini salah satu contoh CTA tadi.

Biasanya dengan menggunakan Landingpage anda dapat meningkat konversi penjualan lebih banyak dibandingkan website biasa.

Perbedaan Landingpage dengan Website biasa

Buat anda yang masih bingung apa beda landing page wordpress dan website yang dibangun menggunakan CMS WordPress, gambar berikut ini mungkin dapat memberikan pencerahan kepada anda.

Sumber Gambar : https://riantoastono.com/apa-itu-landing-page-dalam-digital-marketing/

Nah sudah sangat jelas bukan?Di situs om Rianto Astono digambarkan jika Landingpage adalah hanya satu halaman yang menggambarkan secara terperinci sebuah jasa atau produk lengkap dengan tombol CTA nya yaitu tombol Buy Button.

Gambar di kanan Normal website adalah sebuah website biasa yang berisikan banyak menu dan laman serta artikel.

Mulai Membuat Landingpage Gratis dengan WordPress

Baiklah, kali ini untuk memulai menggunakan Plugin Elementor dalam membuat Landingpage, anda harus mengunduh plugin ini ke komputer anda terlebih dahulu dari alamat Plugin Elementor di WordPress. 

Setelah mengunduh nya anda dapat menginstal atau memasang nya pada situs wordpress anda. Anda dapat mengklik Unggah Plugin untuk menggunakan plugin elementor yang anda unduh tadi. Ataupun mencari dan menginstalnya langsung dari wordpress (cara kedua ini lebih saya rekomendasikan).

Jika belum jelas video dibawah ini dapat membantu anda sebagai tutorial bagaimana cara menginstal plugin elementor yang benar .

Kelebihan Plugin Elementor dibandingkan Plugin Page Builder lainnya

  1. Gratis dan Open Source
    Ini tentunya yang anda cari, meskipun plugin ini tersedia versi berbayar atau komersialnya, yaitu Elementor Pro , namun cukup menggunakan versi gratisan saja udah keren kok sob.
  2. Tampilan Real saat membuat dan mengedit
    Anda langsung dapat melihat apa yang anda design tanpa harus membuka tab window baru
  3. Mudah dan cepat (Drag dan Drop)
    Yak, karena hanya perlu klik dan seret widget nya kelokasi yang anda inginkan, sangat mudah.
  4. Tidak butuh keahlian coding (PHP, ASP, Java,dll)
    Hari ini jika punya bisnis tentu ga sempat ya sob belajar semua, 😀
  5. Tidak butuh keahlian design (HTML, CSS, Photoshop atau ilustrator)
    Apalagi yang ini, selain minat bakat sangat diperlukan, saya aja nyerah hehe. Jadi buat anda yang ingin fokus ke bisnis tapi ingin membuat landingpage dengan gratis, plugin ini sangat saya rekomendasikan.
  6. Menduplikasi widget dengan mudah
  7. Ada fitur Ctrl+Z atau batalkan jika anda ingin mengembalikan design anda ke sebelumnya

dan banyak lagi fitur-fitur elementor yang tersedia. Coba anda tonton video dibawah ini, anda akan dengan mudah dapat mengerti bagaimana cara membuat landingpage gratis dengan Elementor di WordPress.

Nah dari beberapa penjelasan diatas anda masih bingung? Oh ya untuk themes nya bebas ya sob, bahkan themes bawaan wordpress seperti twenty itu juga bisa digunakan untuk membuat landingpage menarik di wordpress kok.

Nah di tahun 2019 lalu Elementor secara resmi telah meluncurkan Theme Gratisan mereka loh, nama nya Hello Theme

Jika masih butuh contoh, video dibawah ini menjelaskan tentang bagaimana menggunakan Elementor dengan Theme Generatepress, sebuah theme yang Gratis namun memiliki fitur SEO yang sangat baik. Saya sangat merekomendasikan theme ini buat anda.

GeneratePress ini juga tersedia versi Berbayar nya lo sob, dengan harga sekitar $49 Amerika, anda dapat memiliki semua fitur canggih dari theme ini, berikut Demo Theme Siap Pakainya? Tertarik ga sob? coba cek link Resmi GeneratePress ya

Video Cara membuat Design dengan Theme Generatepress dan Elementor

Nah beberapa penjelasan kami diatas, semoga dapat membantu pembaca dalam menemukan cara membuat landingpage gratis menggunakan Elementor dan WordPress.

Jika masih kesulitan kami juga menyediakan Jasa Pembuatan Landingpage , anda dapat juga menghubungi kami via Form Kontak

Atau pembaca ingin berdiskusi? silakan tinggalkan pesan pada kolom komentar, insyaAllah kami akan segera membalas permasalahan anda terkait Elementor dan WordPress ini. Kami tunggu yah.. 🙂 sob komentar dan diskusi nya 🙂

 

2 pemikiran pada “Membuat Landingpage Gratis dengan WordPress dan Elementor”

    • wordpress gratis pak, silakan googling cara instalasi wordpres gratisan atau di hosting berbayar pak, pada prinsipnya wordpress nya gratis, hostingnya saja ada yg berbayar dan gratis

      Balas

Tinggalkan komentar

AdeIskandar.com