Menulis, menulis, menulis dan menulis

Ramadhan kali ini alhamdulillah sungguh banyak hal baru yang saya alami, dari mendapat rezeki zurriat (anak) laki-laki nan comel dari Allah, beberapa proyek cair hingga bisa dipakai untuk membayar hutang…hehe, en yang paling penting ada sisi peningkatan kualitas ibadah. Bayangkan saja bagi orang-orang sholeh mengkhatamkan Al-Quran dimasa dewasa tentu hal yang biasa, tapi bagi saya setelah melewati masa remaja, perasaan ga pernah deh bisa khatam Al Quran dalam 1 bulan seperti sekarang. Alhamdulillah ya Robb, semoga ini Ramadhan pertama bisa Khatam 1 kali, tahun depan insyaAllah dan tahun-tahun berikutnya semoga Engkau terus memberikan kesempatan, tidak saja mengkhatamkan, tapi secara perlahan-perlahan memulai hafalan Al Quran, Amiiiiiiiiiiiiiiiiiiin

Lain soal ibadah lain pula soal bisnis, walau saya sangat bersyukur atas pencapaian tahun ini, namun secara kuantitas sudah sangat berkurang jauh dibandingkan tahun kemarin, walaupun banyak faktor yang mempengaruhi semua ini, dari keluarga, jarak tempat tinggal baru yang jauh, en yang paling utama sih, ga adanya koneksi internet di tempat tinggal baru, sadis ya…padahal masih didalam kota lho…udah berbagai modem GSM saya coba dari Indosat IM2, XL Axiata, hingga ngetes layanan Wireless RT/RW eh ga ding Wireless Rumahan tetangga yang katanya maknyus, en ternyata semua hasilnya 0 (Nol) besar, hiks…nah kalau udah mulai cerita ke arah sini, mulai nih keselnya sama operator-operator, ah mending dilupain aja yah…
Sebenarnya saya nya aja yang kurang ikhtiar sekarang, lebih banyak santainya, seperti ga butuh duit, tapi nyatanya kebalikannya.

Namun dibalik sepinya bisnis dan rutinitas ini saya sangat bersyukur ternyata selalu saja Allah berikan jalan rezeki dari arah yang tidak diduga-duga kepada saya (inilah janjiNYA yang pasti ditepati). Dan hikmah lain yang bisa saya petik adalah saya bisa punya waktu untuk membaca, menelaah, belajar dan intropeksi baik diri, bisnis maupun keluarga. Sungguh ini sesuatu yang luar biasa berguna buat saya, ibarat sebuah perjalanan, saya anggap saat ini adalah tempat beristirahat sambil mengkaji strategi apa yang harus saya ambil kedepannya.

Nah semangat saya untuk menulis di Blog ini lagi juga tidak lepas dari proses membaca yang saya telah dan sedang jalani, kenapa?Karena sebelum memasuki bulan suci Ramadhan saya sudah membeli berbagai buku tentang menulis, what?Mau jadi penulis ya de?hehee, begitu deh ceritanya, saya hanya ingin mencari tau tentang dunia penulisan en tentunya InsyaAllah ingin mempraktekkannya.

Ternyata dari 4 buku yang saya baca tentang teknik menulis, pada dasarnya menulis itu tidaklah sesulit yang saya atau kamu bayangkan. Kunci dari sukses menulis itu ya menulis, terus menulis dan menulis …:D
yap gampangkan, selama ini saya merasa tulisan saya sangat jelek, saya menulis menggunakan dua hal, saya menulis dan saya menyunting (baca : mengedit), ternyata itu salah besar ya…karena menurut para penulis professional, 2 pekerjaan tersebut (penulis dan editor) adalah dua profesi yang berbeda, jadi kalau mau jadi penulis ya menulis saja, menulis dan terus menulis, kalau sudah selesai baru diedit atau diubah sesuai kenyamanan, (ga sesuai EYD ya? ) sesuai EYD juga kalau sudah bisa, kalau belom ya tulis aja terus, :)

Nah kesimpulan lain yang bisa saya dapat dari berbagai buku yang saya baca itu ( nanti ya saya post judulnya, lupa soalnya ), menulis itu ga perlu skill lo, wew yang bener?yak kamu tidak salah menulis itu tidak butuh skill khusus yang diperlukan adalah praktek menulis, menulis dan menulis, ada lagi trik lain katanya. Agar kita semakin lancar menulis kita harus sering membaca, kenapa?karena dengan membaca kita akan lancar menulis, dan hampir dapat dipastikan semua penulis adalah orang yang senang membaca, lalu jalan-jalan/rekreasi/rihlah adalah cara lain agar kita dapat menemukan ide-ide baru tentang apa yang akan kita tulis, en terakhir adalah silaturahim. Karena dengan silaturahim dapat memperpanjang umur (Hadist Rasulullah SAW) , selain itu kita juga dapat menemukan hal-hal baru dan pembicaraan baru, yang siapa tahu dari situ bisa jadikan untuk bahan menulis.

Begitulah kira-kira sekelumit kisah saya tentang mencari tahu soal dunia penulisan ini, semoga makin istiqomah dalam menulis hal-hal yang bermanfaat kedepannya,,doain ya :) . Udah dulu ah, bingung mau nulis apalagi, maklum pemula… .

Tanjungpinang,
Ramadhan 22th, 1432

Tinggalkan komentar