11 Peluang Bisnis Online di Batam ini wajib kamu coba di Tahun 2021

Pertumbuhan penduduk Kota Batam yang terus meningkat, dengan angka jumlah penduduk sekitar 1,376 juta jiwa (Batampos Online) pada tahun 2019 merupakan sebuah peluang besar untuk kita menjalankan bisnis.

Kota Batam dengan keanekaragamannya tentu menjadi sebuah tantangan tersendiri untuk para pengais rezeki bertarung menjadi pemenang.

Selain banyak perusahaan elektronik dan berbagai perusahaan manca negara yang berinvestasi di Batam.

Kota ini juga menyimpan berbagai potensi untuk digarap atau pun dipasarkan produk lokalnya untuk dijual secara online maupun offline.

Berikut ini adalah 11 peluang bisnis online di Kota Batam yang dapat kamu garap dan kembangkan :

1. Youtuber Kota Batam

Apa? Youtuber? yap kamu ga salah dengar, sebagaimana kita ketahui peminat konten video di Youtube sangat banyak.

Hal ini dikarenakan Paket Internet murah dengan kecepatan tinggi yang disediakan oleh Operator Telekomunikasi, menjadikan Youtube sebagai Channel Sosial Media baru yang diminati masyarakat tak hanya tua maupun muda.

Jika hari ini kamu mulai membuat sebuah Channel Youtube lalu mulai membuat video yang mempromosikan Kota Batam, tempat wisata di Kota Batam, kuliner lezat khas Batam ataupun oleh-oleh khas Kota Batam.

Kami yakin kelak itu akan menjadi viral dan diminati di Youtube.

Dari sini kamu dapat memonetisasi Youtube kamu atau mencoba menjalin kerjasama dengan pelaku bisnis yang telah ada di Batam, sehingga kamu mendapatkan bayaran dari jasa promosi ini.

 

2. Website Direktori Batam

Nah website direktori ini sebenarnya bukan hal yang baru, beberapa kota besar seperti bandung, jakarta dan lainnya telah lama memiliki website seperti ini.

Jika kamu mengolahnya dengan baik dan bagus, mungkin langkah awalnya cukup berat karena kamu harus mengumpulkan nama-nama usaha, kantor dan atau bisnis di Kota Batam.

Tapi jika sudah cukup terkenal, kami yakin orang yang akan meminta kamu memasukkan Nama Usahanya di website kamu.

Cara lainnya adalah kamu dapat juga membuka lowongan untuk orang yang dapat memberikan Nama Usaha dan Nomor Teleponnya sebanyak 100 item akan diberikan sejumlah uang.

Nah yang ini akan memberikan peluang kerja bagi orang bukan?

 

3. Usaha Makan dan Minuman Online

 

Usaha ini sebenarnya sama saja seperti usaha yang dilakoni di warung atau kedai biasa.

Namun uniknya di Batam kamu bisa saja membuat usaha Makan dan Minuman skala rumahan.

Menggunakan Sosial Media seperti Facebook, Instagram atau WhatsApp kamu dapat membuka pesanan secara online.

Untuk mengantarkan makanan atau minuman kamu dapat menggunakan jasa Ojek Online (Grab atau Gofood) atau Ojek Lokal (Pangkalan) di Kota Batam.

 

4. Usaha Servis Elektronik Panggilan di Kota Batam

Kamu yang memiliki skill atau keahlian untuk memperbaiki perangkat elektronik juga dapat meraup untung pada usaha servis elektronik di Batam.

Kamu dapat menjalankan usaha ini dirumah, lalu membuka channel promosi di Youtube, Facebook , Instagram atau media sosial lainnya.

Selanjutnya orang akan dapat memesan layanan kamu via media sosial tersebut

Jika kamu bijak mengelola FanPage di Facebook.

Kamu dapat juga mengisi Page atau Laman Facebook kamu dengan berbagai artikel tentang cara merawat perangkat elektronik agar lebih awet dan tidak cepat rusak.

 

5. Usaha Home Stay di Batam (Pemasaran Online)

Karena banyak sekali perusahaan-perusahaan di Kota Batam, usaha Home Stay atau Rumah tempat tinggal untuk para pendatang atau wisatawan yang ingin menginap dalam jangka waktu yang panjang merupakan sebuah peluang bisnis baru di batam.

Jika kamu memiliki rumah selain tempat tinggal kamu sekarang, atau halaman yang luas.

Kamu dapat membangun Rumah untuk dijadikan Home Stay di kota ini.

Untuk pemasaran online kamu bisa memanfaatkan Blog Gratisan di Blogspot atau WordPress.com, kamu bisa juga meminta bantuan tenaga jasa pembuatan website di Batam yang profesional untuk melakukan ini.

 

6. Usaha Toko Online

Batam merupakan sebuah Kota yang sangat dekat dengan negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia.

Faktor strategis ini dapat manfaatkan untuk menjual barang-barang ke luar Kota selain Batam maupun ke luar negeri seperti produk Elektronik, Baju, Aksesoris dan barang lainnya.

Kamu dapat membeli di seputar batam atau di negara tetangga untuk kemudian dijual kembali.

Jangan lupa bayar pajaknya ya sesuai aturan 😀

Strategi pemasarannya kamu bisa membuat akun Instagram, dan Laman Facebook untuk mempromosikan Toko Online kamu, jangan lupa siapkan Website Toko Online nya.

Mengapa?

Karena ibarat Toko Nyata, Website Toko Online adalah Toko Fisiknya, sedangkan Media Sosial seperti IG, Facebook, twitter hanya lah marketing dari toko kamu.

Jika kamu belum mampu membuat toko online, kamu dapat menyewa jasa pembuat toko online di Batam terpercaya dan berpengalaman di Kota Batam.

 

7.Usaha Jasa Pembuatan Blog atau Website

Usaha ini cukup menjanjikan, mengingat banyak orang yang ingin mengonlinekan bisnis di Batam.

Secara sederhana bahkan jika kamu menyediakan jasa Pembuatan Blog Gratisan untuk bisnis online, akan banyak yang meminatinya.

Untuk membuat usaha Jasa Pembuatan Website atau Blog di batam ini tidak lah memerlukan skill atau keahlian khusus, meski kamu bukan lulusan sarjana komputer, kamu jangan berkecil hati.

Banyak buku atau tutorial online yang dapat kamu pelajari untuk dapat membuat sebuah desain website yang menarik dan menjual.

Yang penting semangat nya selalu kuat dan dijaga.

 

8. Blog Wisata Batam

Kamu mungkin pernah mendengar bahwa ada orang yang memiliki penghasilan hingga ratusan juta per bulan dari sebuah Blog.

Traveller dan orang yang hobi mencoba tempat baru tentu membutuhkan referensi ketika akan berkunjung ke sebuah tempat atau kota.

Batam selain merupakan tempat dengan investasi perusahaan yang semakin baik, juga merupakan destinasi wisata yang tak kalah menarik dibanding kota besar lainnya di Indonesia.

Ditambah lagi kedekatan dengan negara tetangga dan alat transportasi yang selalu tersedia setiap waktu untuk melakukan perjalanan ke negara tetangga seperti malaysia dan singapura.

Dari Batam, wisatawan juga dapat mengunjungi Pulau Bintan, dimana disana terdapat destinasi wisata tersohor di dunia yaitu Kawasan Wisata Bintan Lagoon atau lazim di sebut Kawasan Wisata Lagoi.

Blog wisata ini harus sering kamu update dan dimasukkan link-link menuju website-website wisata atau hotel lainnya di Batam.

Kamu juga dapat menjadi Afiliasi dari Situs Agoda. 

Yaitu website terkenal yang digunakan untuk para wisatawan memesan hotel dan penginapan.

 

9. Usaha Hidroponik

Tanaman hidroponik merupakan salah satu usaha yang dapat kamu lakukan di Batam.

Kamu dapat menanam berbagai tanaman hidroponik untuk dipasarkan di berbagai tempat di Batam.

Pemasaran Online tentu saja dapat kamu lakukan secara gratis via Blog Gratisan atau Media Sosial seperti Instagram dan Facebook.

Kamu dapat juga bekerja sama dengan supermarket-supermarket terkemuka untuk memasok hidroponik di Batam

 

10. Toko Obat atau Apotek Online

Usaha ini hampir sama dengan toko obat atau apotek biasa, hanya saja pemasarannya dapat kamu lakukan via online.

Baik itu media sosial maupun Blog.

Kamu cukup memasang nomor telepon atau Whatsapp kamu di Blog atau media sosial, dan menerima pesanan secara online dengan metode pembayaran di tempat.

 

11. Jasa Programmer Batam

programmer-di-batam

Nah ini usaha apalagi ya? Program komputer saat ini sangat diperlukan dalam meningkatkan kinerja baik itu perkantoran pemerintah, swasta ataupun usaha kecil menengah.

Namun tidak semua program atau aplikasi yang dijual cocok sesuai kebutuhan perusahaan.

Kadang fitur yang ada terlalu sederhana, kadang terlalu kaya fitur yang tidak dibutuhkan oleh perusahaan tersebut.

Disinilah perusahaan membutuhkan Jasa Programmer di Batam, untuk membuat aplikasi atau program komputer yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan

Nah kamu dapat menawarkan usaha jasa membuat program atau aplikasi komputer itu.

Bisa dengan cara membuat website usaha kamu, untuk menampilkan portofolio klien-klien yang kamu kerjakan.

Atau bisa juga dengan membuat akun instagram dan Fan Page Facebook, jika belum punya cukup biaya.

Intinya jangan menyerah ya sob, tetap semangat berusaha.

Nah dari 11 (sebelas) poin diatas sebenarnya masih banyak sekali peluang bisnis online untuk dilakukan di Kota Batam. Kamu dapat menggali lebih banyak lagi peluang bisnis online tersebut dengan cara sederhana. Ada tambahan peluang bisnis online lain kawan? mari kita diskusi di kolom komentar 🙂

 

 

2 pemikiran pada “11 Peluang Bisnis Online di Batam ini wajib kamu coba di Tahun 2021”

Tinggalkan komentar