4 Plugin Toko Online WordPress ini Bikin Jualan Kamu Laris Manis!

wordpress-dan-woocommerce

Di zaman yang serba cepat dan canggih ini keberadaan Toko Online untuk menunjang sebuah bisnis amat dibutuhkan. Pergeseran kebiasaan masyarakat yang semakin banyak menggunakan perangkat teknologi komunikasi seperti handphone atau gadget semakin mempermudah orang untuk melakukan transaksi online.

Selain itu mudah nya akses internet dengan muncul nya berbagai macam operator telekomunikasi berikut penawaran paket internetnya yang murah, juga menjadi salah satu faktor belanja secara online menjadi trend saat ini.

Peluang besar ini bagi pebisnis amat sangat sayang jika tidak dimanfaatkan bukan?

 

Plugin Toko Online WordPress

Cukup berbekal laptop atau komputer, dan koneksi internet, kamu bisa mulai berjualan online produk atau jasa yang kamu miliki.

Caranya dengan membuat Toko Online menggunakan Plugin Toko Online dari CMS WordPress. Namun saat ini banyak sekali kendala bagi orang-orang untuk memulai membuat toko online nya sendiri.

Yang menjadi kendala adalah teknologi apa yang dapat kamu pakai untuk membuat toko online dan mulai berjualan di internet. Karena saat ini sangat banyak sekali platform atau aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat toko online, namun terkadang sangat rumit dan membingungkan pengguna.

Sering kali pengguna membatalkan berbelanja di sebuah toko online.

Kamu tidak ingin kan, investasi kamu untuk membuat toko online sia-sia? Apalagi jika sudah keluar uang banyak untuk membuat toko online dan membeli stok barang, orang-orang tidak mau atau malas berbelanja di toko online kamu karena teknologinya yang ribet bin mumet :p

Bahkan bagi sebagian orang, mereka memilih cukup menggunakan media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram untuk berjualan online.

Apakah berjualan via media sosial salah? Tentu saja tidak.

Namun media sosial ini sebenarnya adalah merupakan tool marketing, alias alat untuk memasarkan atau mempromosikan jualan atau produk kamu.

Sementara toko online itu ibarat toko fisik, semisal sebuah Ruko untuk tempat menjual produk kamu.

Saran saya dan tentu saran para pakar, sebaiknya jika kamu serius menekuni bisnis jualan produk atau jasa online, mutlak kamu wajib membuat atau memiliki sebuah Toko Online.

Cara Membuat Toko Online

cara-membuat-toko-online-dengan-wordpress

Ada seribu jalan menuju Roma, begitu juga ada berbagai cara untuk membuat Toko Online, namun tidak semua cara harus kamu coba.

Bahkan meskipun kamu memiliki sumber dana berlebih dan ingin membayar jasa pembuatan Toko Online untuk membuat Toko Online kamu, ada beberapa hal yang sebaiknya kamu pertimbangkan.

Diantaranya jika kamu meminta orang lain untuk membuat script program Toko Online sendiri, tentu kamu harus mendapatkan jaminan keamanan dari kode program yang mereka buat. Saran saya mintalah penyedia jasa tersebut untuk menggunakan script-script open source E-Commerce yang telah tersedia, selain menghemat waktu, biasanya script Open Source ini memiliki pengguna yang amat banyak.

Sehingga jika di kemudian hari ada masalah keamanan, kamu dapat segera mengetahuinya dan melakukan perbaikan keamanan tanpa harus mengeluarkan biaya lagi.

Lantas kira-kira platform apa yang sebaiknya kamu gunakan ya?

Saya menyarankan kamu menggunakan CMS WordPress dengan Plugin WooCommerce untuk membuat Toko Online. Mengapa harus WordPress dan WooCommerce? Coba kamu perhatikan statistik dari Website BuiltWith ini.

toko-online-terbaik

 

Statistik dari Gambar diatas menunjukkan pada saat artikel ini ditulis (April 2020), ada 29.143.372 website yang Online menggunakan WordPress. Lalu Ada 4.1919.285 Website Toko Online menggunakan Woocommerce.

Untuk script Toko Online WooCommerce ini angka penggunanya lebih besar dari Magento, Drupal bahkan Shopify, ajib kereen kan?

Jika kamu masih mau data pembanding lainnya, coba liat website Barn2 Plugins ini.

kelebihan-woocommerce
Statistik WooCommerce dibanding plugin E-Commerce lainnya

Nah sudah cukup kan data pembandingnya,WooCommerce digunakan sebesar 26% dari semua script toko online yang ada di seluruh dunia.

Menurut saya inilah Plugin Toko Online WordPress terbaik yang sebaiknya kamu pilih jika ingin membuat Toko Online menggunakan WordPress. Jangan lupa selain WooCommerce banyak sekali plugin toko online yang dapat di gunakan pada CMS WordPress.

 

Pilih dan Beli Nama Domain serta server Hosting

hosting-murah

Setelah kamu memutuskan platform atau aplikasi yang akan digunakan untuk membuat toko online, saat nya sekarang kamu memilih dan membeli nama domain.

Jika kamu belum mengetahui apa itu nama domain, silakan baca artikel tentang nama domain di Wikipedia ini.

Namun secara ringkas dapat saya jelaskan ibarat rumah nama domain adalah seperti nomor rumah. Bersifat unik yang mengidentifikasikan identitas usaha kamu secara unik di internet.

Setelah memilih nama domain, kamu juga harus menyewa server hosting, informasi detil tentang server hosting dapat kamu lihat juga di laman wikipedia ini

Server hosting ini ibarat rumahnya sob. Perumpaannya di dunia komputer hosting ini seperti komputer kamu, atau flash disk kamu, untuk menyimpan data atau file.

Berita baiknya banyak sekali perusahaan penjual nama domain di dalam dan luar negeri. Biasanya mereka juga menjual jasa penyewaan server hosting.

Kamu bebas memilih sesuai kebutuhan kamu, namun saya merekomendasikan jika kamu ingin membeli Domain dan Hosting di dalam negeri untuk membeli di NiagaHoster.

Di sini banyak sekali diskonnya, kamu juga bisa membayar dengan metode transfer bank via ATM, mobile banking, dan opsi pembayaran yang lazim di dalam negeri.

Namun jika kamu mau mencoba Perusahaan Hosting di Luar Negeri, saya menyarankan kamu membeli dari Hawkhost, kebetulan saya sudah berlanggan hosting disini sejak tahun 2014 an.

Alhamdulillah tidak pernah kecewa dengan layanan disini, karena banyak diskon juga hehehe.

beli-hosting-hawkhost

 

Instalasi WordPress dan Plugin WooCommerce

Setelah kamu menyelesaikan urusan pembelian domain, dan menghubungkannya dengan server hosting, jangan takut ribet ya, karena dengan membeli di perusahaan besar seperti NiagaHoster, pasti kamu akan di bantu oleh tim support nya.

Nah untuk tutorial Instalasi WordPress dan Plugin Woocommerce saya tidak akan berpanjang lebar, karena disini merekomendasikan Hosting NiagaHoster.

Maka kamu dapat mengikuti tutorial instalasi wordpress dari mereka, tapi ini dengan asumsi kamu sudah membeli domain dan hosting dari NiagaHoster ya.

Selanjutnya tutorial instalasi WooCommerce dapat kamu lihat juga di website berikut ini

 

Plugin Pendukung WooCommerce Indonesia

plugin-woocommerce-indonesia

Sejatinya woocommerce di buat secara umum untuk dipakai oleh pengguna di seluruh dunia. Namun secara default atau standarnya, plugin ini menggunakan keranjang belanja atau istilah bahasa inggrisnya Cart.

Pengguna di tuntun untuk melakukan pembelian dengan cara memilih produk, mengisi data diri dan alamat, lalu melakukan pembayaran baik itu secara transfer, kartu kredit atau paypal.

Baca juga : Plugin WordPress Terbaik

Beda pasar luar negeri, tentu beda dengan pasar Indonesia ya. Di Indonesia para pembeli sering kali tidak mau jika diminta untuk mengisi formulir yang panjang dan berbelit jika mau berbelanja via Toko Online, bahkan pengalaman saya pribadi pembeli lebih suka mengirimkan pertanyaan via Whatsapp atau messenger bahkan tak jarang yang melakukan panggilan telepon.

Karena itu saya merekomendasikan untuk kamu menggunakan beberapa plugin atau theme buatan anak negeri, untuk mendukung Toko Online kamu, diantaranya adalah :

Toko Press

theme-toko-press

Ini yang paling saya rekomendasikan, jika kamu tanya mengapa? karena saya sudah menggunakan theme ini dibebeberapa toko online klien saya. Salah satunya adalah Website Enzema Spray.  Website ini dibangun menggunakan Theme Laris Manis dari Toko Press.

Insya Allah saya berencana membuat Tulisan tersendiri khusus untuk Review Theme Toko Press dan Plugin Toko Press ini.

Namun secara singkat saya dapat sampaikan bahwa theme ini sangat cocok untuk pasar lokal karena memiliki fitur-fitur dan plugin pendukung yang sudah include di dalamnya. Diantara nya :

  • Responsive dan Mobile Friendly
  • Fast loading
  • Fitur Ongkos Kirim Otomatis untuk Indonesia mendukung banyak kurir yang ada.
  • Fitur Whatsapp integration dan Follow Up via Whatsapp
  • Halaman Check Out atau bayar yang sangat sederhana, bisa di kustomisasi. Nah ini yang saat di senangi pelanggan di Indonesia
  • Tutorial dan Layanan Purna Jual? jangan kawatir mereka TokoPress pasti membantu kamu jika membeli theme dan plugin dari mereka, layanan mereka sangat profesional kok. Penasaran? lihat aja Demo Theme Laris Manis  disini.Selain itu mereka juga menjual Plugin Wocommerce untuk pasar Indonesia lainnya, Theme Serta Plugin Elementor.

 

Magic Order

plugin-magic-order

Sebelumnya saya adalah pengguna Plugin Magic Order versi 2 dan versi pertamanya. Khusus versi 3 ini saat tulisan ini ditulis, jujur saja saya belum membelinya 😀

Namun jika kamu ingin Membeli Plugin Magic Order, silakan aja melihat-lihat dulu Demo pada Website Resmi mereka ya.

Secara singkat Plugin Magic Order ini juga untuk membuat sebuah toko Online dengan menggunakan CMS WordPress. Namun dengan menggunakan Magic Order kamu bisa menggunakannya sebagai tambahan Plugin WooCommerce, ataupun berdiri sendiri.

Secara standar Woocommerce selalu meminta pengguna membuat akun terlebih dahulu untuk berbelanja di toko online kamu.

Namun dengan Plugin Magic Order tanpa Woocommerce, langkah ini bisa dilewati. Pembeli tinggal mengisi beberapa data, seperti nama, alamat, nomor whatsapp, maka mereka sudah bisa membeli produk atau jualan kamu.

Jangan lupa fitur ini juga terdapat pada Theme Tokopress, Cepatlakoo dan Landingpress saya jelaskan di atas ya.

Plugin Magic Order ini memaksimalkan Plugin Caldera Form yang di desain sesuai karakter orang Indonesia.

Fitur-fitur kerennya diantaranya, Notifikasi SMS dan Whatsapp, follow up whatsapp, kode unik transfer, terhubung ke Moota dan banyak lagi.

Insya Allah segera saya buat deh tulisan review produk ini.

Nah untuk melihat-lihat fitur keren mereka silakan klik link dibawah ya. Atau langsung ke Website Resmi magic order

Ini Link Demo Magic Order dengan LandingPage

Ini pula Link Demo Magic Order dengan WooCommerce

Theme CepatLakoo

Theme CepatLakoo juga saya rekomendasikan kepada kamu, yang ingin membuat Toko Online dengan WordPress berbahasa Indonesia dan sesuai karakter pasar orang Indonesia.

Khusus theme CepatLakoo ini sudah saya ulas panjang lebar di tulisan saya tentang Theme CepatLakoo ini

Silakan dibaca yah, tulisannya sudah sangat detil membahas Theme CepatLakoo

 

Theme Lokal LandingPress

theme-landingpress

Satu lagi theme Lokal yang sangat cocok untuk Toko Online di Indonesia adalah Landingpress. Theme ini salah satu theme toko online senior dibandingkan CepatLakoo dan Tokopress.

Jika kamu mau mengetahui fitur dan review saya tentang Theme ini, sudah saya bahas secara mendalam di tulisan tentang Theme Landingpress karya Mas Sakti ini.

 

Kesimpulan

Banyak sekali cara untuk membuat Toko Online, namun tulisan diatas amat merekomendasikan menggunakan CMS WordPress untuk membuat toko online.

Selain mudah, mendukung bahasa Indonesia, ada berbagai theme dan plugin pendukung lainnya yang membuat konversi penjualan kamu insyaAllah semakin meningkat.\

Meskipun sedikit harus mengeluarkan uang untuk investasi membeli plugin dan theme toko online ini. Percaya lah itu tidak seberapa dibanding kamu harus mengeluarkan biaya untuk membayar seorang programmer atau waktu yang kamu butuhkan jika ingin belajar membuat theme dan plugin sendiri.

Namun yang tidak kalah penting lagi, jangan pernah membeli dari website lain selain website resmi mereka ya.

Jangan pula membeli dari marketplace-marketplace besar, karena banyak sekali penjual tidak bertanggung jawab berjualan disana.

Membeli secara resmi theme-theme dan plugin-plugin akan menguntungkan kamu sendiri, karena akan mendapatkan bantuan secara resmi setelah membeli, lalu dapat pula mendapatkan update dari software tersebut andaikan ada major update atau update penting terutama update-update terkait keamanan dari theme atau plugin kamu.

Kalau ada yang kamu ingin diskusikan atau tanyakan, jangan segan-segan tulis komentar kamu dibawah ya.

Atau hubungi saya melalui melalui halaman kontak

Tinggalkan komentar

AdeIskandar.com