Uang Duka Wafat

Uang Duka Wafat adalah uang yang diberikan Pemerintah kepada ahli waris Pegawai Negeri yang meninggal dunia biasa atau bukan dalam dan karena menjalankan tugas.

Dasar Hukum

  • Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 1981 pasal 11

Ketentuan

Ketentuan-ketentuan yang menyangkut pembayaran uang duka wafat adalah sebagai berikut:

  • Dibayarkan kepada ahli waris sebesar tiga kali penghasilan (seluruh penghasilan kecuali tunjangan pajak) sebulan tanpa potongan;
  • Pembayaran uang duka wafat didasarkan pada surat kematian yang ditandatangani oleh pejabat yang berwenang serendah-rendahnya camat atau surat keterangan yang menyatakan pegawai bersangkutan meninggal dunia/Visum dari Rumah Sakit.

 

 

2 pemikiran pada “Uang Duka Wafat”

  1. 1. Apa ada perbedaan pembayaran pada ahli waris PNS yang meninggal dunia saat bertugas dan tidak saat bertugas(diluar jam dinas) meninggal karena sakit jantung ?
    2. Tolong jelaskan tentang pembayaran uang duka kepada ahli waris tiga kali penghasilan (seluruh penghasilan kecuali tunjangan pajak) sebulan tanpa potongan !
    3. Berapa bulan gaji PNS yang dibayarkan setelah terhitung PNS tersebut meninggal dunia ?

    Terima kasih

    • 1. Ibu Tata, perbedaannya untuk tewas dan meninggal dapat ibu lihat pada link ini dan link ini

      2. idem

      3. Gaji terusan jika pns telah meninggal dunia, untuk kondisi wafat maka gaji terusannya adalah 4 bulan, jika masuk kategori tewas maka gaji terusannya adalah 6 bulan

      demikian semoga membantu

Tinggalkan komentar

Langganan Artikel dari Kami

Anda akan